Tips dan Tricks Memecahkan Puzzles Virtual Villagers 5 - New Believers

By Inu TBee - Saturday, December 06, 2014

Setelah dasar-dasar permainan Virtual Villagers 5 - New Believers dan cara cheat-nya udah ane share di postingan sebelumnya (bisa dilihat lagi disini dan disini), sekarang ane akan sharing cara walkthrough puzzles Virtual Villagers 5 - New Believers. Belum download game-nya? Klik disini.

tropicalbee.blogspot.com

Making Fire 
Meskipun ini bukan puzzles tapi ini penting karena merupakan syarat untuk menyelesaikan puzzle 15, juga agar suku malang anda tetap hangat dan hidup. Caranya: D&D (Drag and Drop) warga anda di tumpukan kayu dan rumput kering. Usir si Kuning dengan bees. Setelah itu D&D warga anda di bekas api unggun (sekarang ada kayu dan rumputnya) dan biarkan ia menyalakan apinya.

tropicalbee.blogspot.com
*Perlu diingat untuk merubah ke mode pause ketika anda pergi dalam waktu lama, karena penduduk anda bisa mati kelaparan.

Memecahkan Puzzles (Walkthrough Puzzles) 

Puzzle 1 - The Sick Heathen


tropicalbee.blogspot.com

Drag & Drop (D&D) seorang penduduk ke si ungu (sedang sakit) di rumah sakit. Terus coba sampai dia sembuh, kalau sudah dia akan gabung suku kita dan akan ada pecahan kalung di sekitar rumah sakit tsb, suruh anak kecil mengambilnya.

Puzzle 2 - The Prison Break


tropicalbee.blogspot.com

D&D penduduk ke bambu hijau yg jadi penjara dan biarkan untuk dibuat food granary. Kalau food granary sudah jadi, anda bisa menyimpan persediaan makanan lebih banyak. 

Puzzle 3 - The Hungry Totem


tropicalbee.blogspot.com

Buat heathens berhenti menjaga hungry totem. Caranya gunakan bees atau lightning. Apabila anda krisis energy, gunakan cara berikut: drop seorang warga di sekitar si kuning dan biarkan si kuning mengejarnya (lebih baik anak kecil), lalu tarik perlahan penduduk tersebut jauh diujung desa, Lepaskan dan secepatnya runtuhkan hungry totem (drop semua warga dewasa). Cara ini hanya dapat digunakan apabila tidak ada si merah disana. Setelah runtuh, anda dapat mengklaim dan memanen noni sebagai food source anda.

Puzzle 4 - The Knowing Totem


tropicalbee.blogspot.com

Sama seperti meruntuhkan hungry totem, jadi usir heathen penjaga di area ini dan runtuhkan totemnya. Perlu diketahui bahwa setelah hungry totem di runtuhkan, maka si merah dan kuning yg menjaganya akan beralih ke knowing totem ini (atau bisa totem yang lain). Setelah runtuh, anda akan mendapat akses di lab tersebut dan dapat memulai research untuk mengumpulkan tech point.

*Pekerjakan minimal seorang warga di lab agar dapat segera menjadi master scientist untuk unlock puzzle 5 dan 13.

Puzzle 5 - The Farm


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Construction level 2 dan seorang master scientist

Setelah syarat diatas terpenuhi, drop master scientist ke saluran air yang rusak di dekat ladang, otomatis dia akan mengarahkan perbaikan saluran air tersebut. Lalu drop warga anda (terutama skill builder) di saluran tersebut agar kerja, jadi si scientist itu hanya mengarahkan (nyuruh-nyuruh) :3 Apabila si master scientist itu pergi, maka perbaikan akan otomatis terhenti, jadi terus paksa si scientist untuk jadi mandor. Setelah saluran air diperbaiki, maka tiap selang waktu tertentu (klik ladang untuk tahu menitnya) akan tumbuh tanaman (semacam jagung?) untuk dipanen.

Selain itu, anda akan cerita dari si ungu (master farmer penunggu ladang tersebut) tentang asal mula suku bertopeng ini. Akhirnya si ungu ini akan jadi new believers ^^ dan menjatuhkan pecahan kalung yang kedua.

Puzzle 6 - The Mausoleum


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Blocking totem (puzzle 7) harus sudah runtuh

Syarat ini sebenarnya cukup memberatkan karena untuk menjadi master builder (untuk meruntuhkan blocking totem) butuh waktu agak lama dan keburu mausoleum (kuburan) ini dikubur/dipendam oleh heathens (kalau gak salah bisa sampai terkubur 1000%). Oleh karena itu saya sarankan untuk menyelesaikan puzzle ini di awal. Untuk mengusir si biru dari kuburan ini, D&D warga anda ke mereka dan coba terus hingga muncul "telling the truth" (skill devotion) maka diatas kepala si biru akan muncul cahaya kekuningan dan D&D lagi ke mereka hingga mereka lari menjauh (bosan di ceramahi) ini juga penting untuk meningkatkan skill devotion anda serta mendapatkan new believers.

Bees, lighning dan fog of doom juga dapat menjadi alternatif apabila ada si merah dan kuning. Setelah mausoleum bersih, anda bisa melihat siapa saja warga anda yang mati nanti (kuburan menn).

Puzzle 7 - The Blocking Totem


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Master builder dan lightning

Totem ini cuman bisa diruntuhkan oleh master builder, dan selama dia kerja, heathen-heathen baik si merah kuning biru akan datang untuk memperbaiki totem ini, dan kita sama sekali gak bisa dekat dekat dengan si merah dan kuning, apalagi master builder kita cuma 1 orang dan semua totem sudah rubuh selain totem ini. Bisa dibayangkan berapa heathen yang jagain kan?

Cara yang paling murah adalah dengan bantuan lightning (bees kurang efektif) jadi sebelum meruntuhkan totem ini pastikan energy anda setidaknya cukup untuk 2-3x penggunaan lightning (tergantung jumlah master builder yang kerja dan jumlah heathens yang jaga).

Seletah blocking totem rubuh, anda bisa membersihkan mausoleum dengan tenang.

Puzzle 8 - The Hollow Totem


tropicalbee.blogspot.com

Dibutuhkan 6 anak kecil untuk masuk di hollow totem yang mirip rumah-rumahan ini dan totemnya akan rubuh sendiri. Setelah totem ini rubuh, anda bisa mulai memancing (setelah puzzle 10 complete tapi).

Puzzle 9 - The Heathen Builder


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Time warp dan master builder

Di dekat blocking totem ada si ungu kan? Nah dia adalah master builder mau gabung suku kita hanya apabila kita mampu ngalahin dia buat cepet-cepetan bikin semacam kerangka kubus. Ane pernah nyoba nantang pas ane masih trainee builder sampai udah jadi master builder tetep kalah -,-

Dan ternyata ada spell khusus buat ngalahin si ungu ini, yaitu dengan bantuan time warp. Jadi pasang time warp di master builder anda lalu drop di bahan kubus itu buat nantang si ungu cepet-cepetan. Udah pasti menang gan :D Si ungu lalu join suku kita dan muncul lagi pecahan kalung ketiga.

Puzzle 10 - The Lake


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: The tempest dan revive spell

Jadi di ujung kanan bawah desa kan ada kolam kering, nah agar kolam  tersebut kembali ber-air maka kita butuh tempest spell. Caranya, arahkan tempest spell dan lepaskan di danau itu, lalu lepaskan lagi tempest spell yang kedua dengan catatan masih ada sisa air spell yang pertama tadi di kolam kering itu. Atau anda bisa menunggu hujan alami dan lepaskan tempest spell sekali saja di atas danau ber-air sisa hujan. Setelah kolamnya penuh, gunakan revive spell (gambar ikan) untuk ngehidupin ikan-ikan.

Puzzle 11 - The Pain Totem


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Lightning spell

Serang balik kepala pain totem yang berlistrik ini dengan lightning, setelah itu secepatnya D&D semua penduduk dewasa untuk meruntuhkannya sebelum petir di totem ini muncul lagi. Setelah totem ini rubuh, anda dapat melatih dokter dan belajar obat-obatan disini.

Puzzle 12 - The Rainbow Totem


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Science level 2 dan clothing hut

Setelah clothing hut dibangun, akan muncul 3 guci di sebelah utara desa (dekat farm). Drop dua orang warga anda untuk mengambil guci yang berwarna merah dan dan kuning (hanya yang merah dan kuning ya). Guci ini akan dibawa ke kolam renang dan ditumpahin disitu hingga warna air jadi orange dan menyebabkan semua heathen yang mandi keluar dari air dan menunggu di sisi dekat hutan. Secepatnya D&D semua warga dewasa anda untuk meruntuhkan rainbow totem sebelum heathens mandi lagi. Kalau keburu mandi lagi, ulangi mengambil guci merah dan kuning.

Puzzle 13 - The Heathen Scientist

tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Science level 2 dan master scientist

Setelah science anda mencapai level 2, akan muncul sebuah papan tulis yang agak layak di lab anda. Drop master scientist anda di papan itu dan biarkan dia nulis semacam rumus matematika (kalau belum master scientist dia akan gambar monyet). Heathen scientist yang duduk di lab akan datang untuk mengkoreksi rumus-rumus tersebut dan akan merayakan keberhasilan anda bikin rumus yang bener itu.

Tapi si ungu ini belum mau menjadi new believers, masih ada cahaya kuning di kepalanya tanda dia sedang mikir (mungkin kurang ikhlas warga anda sukses bikin rumus). Tunggu hingga cahaya kuning itu hilang (2 jam-an untuk fast mode) dan drop lagi master scientist anda di papan untuk bikin rumus lagi, ulangi sebanyak 3x dan si ungu akan menjadi new believers. Dia akan meninggalkan sepihan keempat kalung, D&D anak kecil untuk mengambilnya.

Puzzle 14 - The Tribute Statue


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Devotion level 3

Ditengah desa kan ada semacam patung bulat yang bisa diperbaiki 3x tingkatan, tergantung sudah level berapa devotion anda. Dan karena di awal kita dibekali level 1 devotion, maka saya rekomendasikan untuk memperbaiki patung ini di awal permainan, tujuannya agar si kuning yang jaga tumpukan kayu bisa pergi dan anda bebas megambil kayu untuk bikin gubug dsb.

Puzzle 15 - The Blind Totem


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Puzzle 6 dan 7 telah selesai

Setelah mausoleum dibersihkan, akan muncul sebuah mangkuk berisi air di sekitarnya. Drop seorang warga untuk mengambilnya dan dia akan membawanya ke sungai yang mana ada guci tanah disitu. Drop seseorang di mangkuk itu dan biarkan dia mendulang emas. Coba berkali-kali sampai berhasil menemukan emas (agak susah) dan ia akan membawanya ke guci itu sampai gucinya penuh emas (setidaknya 3x diisi apabila menemukan emas).

Setelah pot penuh, drop seorang warga untuk membawanya ke api unggun agar emasnya meleleh dan jadi padat (tanahnya bisa dipecahkan karena hanya sebagai cetakan - pelajaran SMP-SMA?). Setelah itu akan muncul semacam bola emas di api unggun. Drop wargamu untuk membawanya ke patung tersembunyi di utara hutan dan akan dijadikan mata patung itu. Setelah terpasang, bagian dalam hutan akan tampak.

Puzzle 16 - The Heathen Chief


tropicalbee.blogspot.com

Syarat: Puzzle 1, 5, 9, 13 selesai

Setelah puzzle diatas complete dan 4 pecahan kalung terkumpul di dekat patung, drop seorang warga ke patung yang sudah jadi dan biarkan dia membawanya ke tengah hutan tempat heathen chief (kepala suku) mengigau/meditasi/nganggur dan akan muncul cerita sebelum akhirnya ia menjadi new believers.

Extra Puzzle - Heathen Mommy


tropicalbee.blogspot.com

Menurut ane baca-baca, nggak semua versi game ada puzzle ini, makanya naronya nyumpel di ujung.

Syarat: 3 orang nursing mother

Jadi ada si biru lagi merawat bayi di lumpur-lumpur dekat kolam ikan kan? Nah apabila anda drop orang dewasa atau anak ke si biru ini dia akan ketakutan (entahlah). Namun, apabila anda drop ibu-ibu yang juga sedang merawat bayi, maka mereka akan saling ngobrol (maklum ya ibu-ibu). Drop 3 orang yang sedang merawat bayi agar ngobrol dengan si biru dan dia akan menjadi new believers.

Tip: Paling efisien menggunakan fog of doom agar heathens lain tidak menyadari keberadaan anda sehingga dapat mendekati si mommy ini dengan bebas.

*Heathen mommy-nya bisa laki-laki gan -,-

Note: Setelah semua puzzles terpecahkan, anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana menjadikan si merah dan si kuning menjadi new believers, karena selama ini hanya si biru dan ungu yang dapat kita bujuk. Dan sebenarnya si merah dan si kuning-pun bisa! Caranya, kumpulkan energy sebanyak minimal 800 untuk mengaktifkan earthquake spell. Tiap anda menggunakan mantra ini, maka biasanya ada 0-2 (mungkin bisa lebih) heathens yang menjadi new believers (mereka kagum karena anda bisa menciptakan gempa bumi - god power).

Apabila semua heathens telah menjadi new believers, tempat yang dulunya menjadi lapangan berkubang heathens akan menjadi padang rumput.

tropicalbee.blogspot.com

*Mohon dikoreksi apabila ada yang salah
Selamat mencoba dan happy hunger games =)

  • Share:

You Might Also Like

5 comments

  1. serial number vv5 apa mas? saya pake yg trial soalnya

    ReplyDelete
  2. nama & key ny apa y ? soal ny virtual villagers aq terkunci dan minta serial number ?
    tolong bantuan nya dong?

    ReplyDelete
  3. nama & key ny apa y ? soal ny virtual villagers aq terkunci dan minta serial number ?
    tolong bantuan nya dong?

    ReplyDelete
  4. Jangan Cari Pake Trial klo mau yg No Limit cari di www.4shared.com

    ReplyDelete
  5. Halo semua, saya dulu ndak pake yg trial jadi ndak ada harus isi serial number. bisa cari aja yg full version di google search ya ^^

    ReplyDelete