Tips dan Tricks Bermain Virtual Villagers 5 – New Believers

By Inu TBee - Saturday, December 06, 2014

Bagi para pecinta game virtual, pasti nggak asing lagi dengan game strategi bertahan hidup terbaru dan ter-kece diantara sodara-sodara game virtual-nya keluaran Last Day of Works satu ini, yup Virtual Villagers 5 – New Believers.



Kita kembali ke Isola, yaitu sebuah pulau yg indah (konon katanya) tempat sebuah suku terdampar (cerita Virtual Villagers 1 – 4). Nah untuk VV5 ini suku yg sudah survive itu mengirim pengembara ke hutan setelah nemu semacam topeng yg dikiranya ada suku lain didalam hutan. Jadi mereka keliling hutan, nemuin suku tsb dan rombongan malang itu dipenjara.



Nah tujuan utama dari game ini adalah anda harus membujuk suku primitif tersebut (heathens) untuk join dengan suku anda agar jadi suku yg utuh dan bahagia. Istilahnya heathens itu jadi new believers (orang yang baru percaya? oke jgn bully saya).

Karena post game ini bisa sangat banyak, jadi ane akan bagi jadi beberapa post, untuk yang pertama cara menggunakan cheat engine bisa dibuka disini. Kedua cara walkthrough puzzles, bisa dibuka disini. Ketiga untuk download game bisa klik disini. Dan untuk sekarang ane akan memperkenalkan game ini dan dasar-dasar permainannya.

Overview Map
Ini adalah screenshot ladang main dari Virtual Villagers 5 - New Believers setelah semua puzzles unlock (terpecahkan).


Villagers
Setelah sebuah cerita, anda akan diharuskan untuk memilih 5 orang yang akan mengembara. Saran ane: pilih masing-masing 2 orang pria dan wanita umur 18-29 (biar gak cepet mati) dan seorang anak kecil umur 8-10 buat ngambilin jamur dan temuan relik (orang dewasa gak bisa).


Yang harus diingat: 1 tahun umur penduduk = 1 jam di komputer anda (fast mode). Anak-anak baru bisa kerja umur 14-18, tapi belum bisa nikah. Nggak perlu hamil untuk punya anak ya :3, dan waktu untuk anak tsb bisa disapih adalah 123 menit (fast mode). Umur 50 tahun penduduk anda sudah menopause. 

Skills
Ada total 6 skill yang bisa dikuasai. Levelnya ada aprrentice (trainee), adept dan master. Kalau anda punya skill master di tiga skill sekaligus, anda akan dapat gelar estemeed elder ^^.

Buat villagers anda berkecimpung hanya di satu skill saja hingga menjadi master baru pindah ke skill lain. Caranya, klik detail (pojok kanan bawah layar) dan beri centang di sebelah kanan referensi skill. Latih villagers tersebut di pekerjaan sesuai skill-nya hingga menjadi trainee (harus dicoba beberapa kali) baru dia akan bekerja tanpa harus anda suruh.



  • Farming (ngambilin noni, panen jagung, mancing ikan)
  • Building (membangun gubug, menghancurkan totem, bikin food granary, menggali mauseleum)
  • Research (penelitian di lab)
  • Healing (belajar obat-obatan di rumah sakit)
  • Parenting (bikin anak -,- dan bisa dengan telling stories dan berpelukan (?))
  • Devotion (bujuk heathens yang warna biru untuk join suku kita dan honoring the statue)

Tech dan Food
Ada 6 technologies dan masing-masing punya 3 level. Spesifikasinya science, medicine, learning, construction, food mastery dan spirituality. Di awal permainan, kita sudah dibekali dengan level 1 di tiap technologies. Dan untuk upgrade tech ini mahal! Makanya ane bikin tutorial pakai cheat engine untuk mengakali biar tech nya bisa langsung jadi 1juta jadi bisa upgrade semua tech disini. Ini juga berlaku untuk food ^^. jadi agan-agan bisa konsen nyelesaiin puzzles tanpa depresi mikirin food -punya ane pernah mati semua :(-



Heathens
ada 5 tipe, 2 diantaranya super mengganggu.




  • Blue masks - Ramah. Bisa dijadiin new believers, caranya drag and drop (D&D) warga ke depannya sampai bilang "telling the truth", nanti akan ada cahaya kuning di atas kepalanya, artinya dia capek dengerin kita, jadi kita kudu nunggu sampai cahayanya ilang baru bisa di ajak ngobrol lagi (2 jam untuk fast mode). Setelah beberapa kali ngobrol, biasanya mereka akan jadi new believers :D Tips: kalau si biru ini dikelilingi si merah dan kuning, saran ane gunakan lightning, bees atau fog of doom.


  • Orange masks - Ngerepotin. Jadi si kuning ini sangat teritorial, dan menjaga setiap sudut penting di desa. Tips: dekatkan penduduk dgn mereka, kemudian tarik perlahan penduduk tsb ke ujung desa, pokoknya jaga si kuning agar tetap ikut, kalau sudah jauh, segera selesaikan pekerjaan anda karena si kuning akan balik lagi. Lightning, bees dan fog of doom juga bisa menjadi alternatif.

  • Purple masks - Spesial. Mereka terdiri dari skill master dan setelah anda memecahkan puzzle 1, 5, 9 dan 13, anda akan mendapatkan pecahan kalung dekat mereka duduk. Kalau kalung ini digabungin, misteri terpecahkan ^^

  • Red masks - Horror. Semua penduduk takut dengan si merah, padahal mereka nggak ngapa-ngapain. Tips: anda bisa menjadikan si kuning dan si merah menjadi new believers dengan menggunakan earthquake, setelah energy anda mencapai 800.

  • Tribal chief - Kepala suku primitif. Biasanya meditasi dalam hutan, jarang keluar dan akan menjadi new believers setelah semua pecahan kalung terkumpul.

Divine Energy dan Spells
Di pojok kanan atas game ada kotak energy kan, nah itu gunanya adalah untuk menggunakan god power (kekuatan tuhan?) yang macemnya ada 11 spells. Perlu ditandai bahwa maksimum energy bisa dinaikkan dengan meningkatkan populasi (nikah dan cari new believers) sama nemuin reliks-reliks baru. Menggunakan god power akan mengurangi energy yang terkumpul tapi bukan maks energy, jadi maks energy-nya tetep dan bisa ditambah dengan nemuin duplikat reliks atau nambah populasi.


tropicalbee.blogspot.com

  • Spawn butterflies (25) - Bikin kupu-kupu buat mengalihkan anak-anak agar gak ganggu kerja.
  • Swarm of bees (25) - Bikin sekawanan lebah yg akan bikin heathens berhamburan & bisa untuk penyerbukan noni.
  • Sunshine (50) - Tiba-tiba jadi cerah.
  • Lightning (100) - Bikin sambaran petir, ngidupin kayu bakar.
  • Hand of bloom (150) - Bikin kebun, noni fruit, sama jamur tumbuh.
  • Tempest (300) - Bikin hujan badai.
  • Fog of doom (400) - Bikin kabut tebal, heathens gak bisa ganggu kita.
  • Time warp (500) - Jadi ninja -,-
  • Revive (600) - Ngidupin penduduk yang mati. Asal masih ada tulang-tulangnya didepan mausoleum (kuburan).
  • Rejuvenation (700) - Bikin penduduk jadi muda lagi (umur 5 tahun).
  • Earthquakes (800) - Bikin gempa bumi, si merah dan si kuning bisa jadi new believers.

Collections
Jadi setiap saat dimana saja akan muncul benda-benda unik. Kumpulin dengan cara D&D anak-anak di benda tsb. Fungsi benda-benda ini adalah untuk menaikkan divine energy. Karena ini benda gaib, jadi pastikan diambil sebelum dia raib (kecuali pecahan kalung).

Terdiri dari 24 macam items scientific dan 24 macam items relics sama 4 pecahan kalung putrinya tribal chief. Ini screenshot-nya punya ane (kurang lengkap :O).



Tertarik? Game VV5 bisa di download disini. Memecahkan puzzles bisa dilihat disini. Tutorial menggunakan Cheat Engine disini.

Selamat Bermain ^^

  • Share:

You Might Also Like

0 comments